Sunday, May 13, 2018

Beberapa Bahasa Pemrograman Yang Paling Terkenal

Apa itu Bahasa Pemrograman ?
     Bahasa Pemrograman (Bahasa Komputer) adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman yang paling terkenal :

1. Java

   

Apa itu Java? Java merupakan bahasa Pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai komputer sampai perangkat mobile.

Bahasa Pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada Tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas tangan kepada Oracle.

Nama Java sendiri ini dipikih karena salah seorang pendiri Java, Yaitu James Gosling, Ia sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling atau kopi tubruk istilahnya dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia untuk itu bahasa Pemrograman ini diberi nama JAVA.

Java sudah menjadi salah satu bahasa Pemrograman terpopuler, karena bahasa Pemrograman ini memiliki banyak kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda, kemudian bahasa Pemrograman ini juga termasuk kedalam Pemrograman OOP atau disebut juga Pemrograman Orientasi Objek, sehingga programmer akan lebih mudah dalam menyusun proram untuk menggunakan bahasa ini.

Selain itu bahasa Pemrograman ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programmer dalam mengelola dan menyusun suatu program.

Apalagi dijaman yang sudah semakin canggih ini dimana smartphone android sudah banyak digunakan, dan aplikasi dalam smartphone ini dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programmer-programmer yang menggunakan bahasa yang satu ini karena memang sedang banyak digunakan.

2. Phyton

     Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Phyton termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.
3. PHP
     PHP (PHP Hypertext Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdnorf.

4. C++
     Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C. Kendati dipandang lebih sulit dipelajari dan digunakan ketimbang Phyton atau Javascript, C++ masih banyak dipakai pada sistem legacy yang dipergunakan oleh enterprise-enterprise besar. Ia juga biasa dipergunakan untuk software sistem/ aplikasi, pengembangan game, driver-driver, aplikasi client-server, dan embedded firmware.

5. JavaScript

     Javascript seringkali dijuluki sebagai ‘bapaknya’ bahasa pemrograman karena popularitasnya di kalangan developer. 80% pengembang dan 95% dari semua website menggunakannnya. Beberapa framework Javascript, seperti React dan AngiarJS memiliki potensi yang sangat baik seiring kemajuan IoT atau popularitas perangkat mobile.



No comments:

Post a Comment